Rabu, 09 November 2011

Bagaimana cara membuat lampu sein hidup bersamaan kiri dan kanan pada sepeda motor?

Cara yang sederhana dengan menambah relay. Kabel coil relay dihubungkan dengan salah satu jalur sein (misalnya sein kiri) dan diberi switch (switch yang dipilih harus mempunyai 2 pasang kontak, kontak lain untuk mematikan dan menghidupkan sein kiri) . Sedangkan jalur kanan dihubungkan dengan kontak relay dan pasangannya dengan negatif. Bila switch ini di on kan maka akan menghidupkan sein kiri, relay dan sekaligus lampu sein kanan.

Cara lain dengan rangkaian oscilator (paling mudah dan sederhana dengan menggunakan IC 555). Rangkaian ini harus dapat dihidup matikan dengan switch. Oscilator menggerakkan relay yang mempunyai 2 pasang kontak. Tinggal jalur sein kiri dan kanan masing2 dihubungkan dengan kontak ini, sedangkan pasangan kontaknya dihubungkan dengan negatif (kalau tidak hidup, hubungkan dengan positif).

Karena relay sein bekerja dengan kumparan dan bi metal dan seri dengan lampu sein, maka bila keempat lampu sein dihidupkan bersama (seperti anjuran master Paulus) akan mengakibatkan frekuensi hidup mati relay menjadi cepat (bahkan lampu tidak kelihatan menyala). Ini adalah kelemahan yang dipaparkan oleh master Paulus. Kecuali jenis relay sein anda kumparannya tidak terhubung secara seri dengan lampu sein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar